Berbagi Info Keluarga, Bisnis, Properti, Otomotif, Lifestyle, Tekno dan Hiburan

Saturday, September 29, 2012

Kronologis Pesawat Jatuh Bandung Air Show 2012

10:53 PM Posted by Admin
Kronologis Pesawat Jatuh Bandung Air Show 2012

Kronologis PesawatJatuh Bandung Air Show 2012 Sabtu 929/9/12), pada ukul 11.40 WIB pesawat tinggal landas dan melakukan atraksimanuver terbalik. Akrobatik demo flight melintas dari arah utara ke selatan landasan lalu kehilangan ketinggian dan jatuh. 

Pesawat jatuh menimpa bangunan kecil di balik bangunan utama gedung Litbang di kompleks perkantoran Dislitbang AU, depan PT DI luar bandara. Dua orang awak  pesawat, Marsekal Pertama Purnawirawan dokter  Norman Lubis dan  Letnal Kolonel Tony Hartono meninggal dunia di tempat. Pada pukul 13.00, bangkai pesawat dievakuasi dari gedung Litbang ke kompleks perkantoran PT Dirgantara di seberangnya. Pesawat diangkut memakai truk tentara.

Kabar terkini kecelakaan jatuhnya pesawat di Bandung Air Show 2012 , karena kecelakan pada event 2 tahunan Bandung Air Show terjadi dua kali berturut-turut kemungkinan Bandung Air Show akand di stop, seperti yang terlambat.info kutif dari detiknews hari ini.

Pemerintah Kota Bandung akan melakukan evaluasi penyelenggaraan Bandung Air Show (BAS) pasca insiden jatuhnya pesawat Bravo AS 202 bernomor registrasi LM 2003 dan menewaskan Marsma (Pur) Norman P Lubis dan Asisten Pilot Toni. Nasib gelaran yang telah dua tahun berjalan ini pun terancam berhenti.

Gelaran pertama Bandung Air Show, Jumat 24 September 2010, pesawat Super Decathlon PK-NZP jatuh di area Lanud Husein Satranegara. Pesawat itu diterbangkan Alexander Supeli yang tampil memeriahkan BAS 2010. Kecelakaan ini mengakibatkan Alex luka bakar 60 persen, patah tulang kaki, serta trauma di beberapa bagian tubuhnya seperti dada, dan perut. Sebelum meninggal pada 27 September 2010, Alex sempat mendapat perawatan intensif di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS).

Selang 2 tahun, Insiden serupa kembali terulang kemarin 29 september 2012, pukul 11.42 WIB, Sabtu (29/9/2012), sebuah pesawat Bravo AS 202 bernomor registrasi LM 2003 milik Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) jatuh di luar Lanud Husein Sastranegara. Pilot pesawat Bravo 202 Marsekal Purn Norman T Lubis, dan Kopilot Letkol Purn Toni Hartono, tewas di lokasi kejadian.

"Kita akan evaluasi bersama pihak terkait termasuk Lanud Husein Sastranegara untuk mengetahui penyebab kecelakaan yang terjadi," kata Ayi saat dihubungi detikcom, Minggu (30/9/2012).

Peran Pemkot Bandung dalam gelaran tersebut adalah sebagai pihak penyelenggara. Pelaksanaan acara diserahkan kepada sebuah event organizer dan Lanud Husein Sastranegara sebagai fasilitator.

Disinggung mengenai dua kecelakaan yang terjadi dalam Bandung Air Show, Ayi mengatakan pihaknya akan mengevaluasi penyelenggaraan acara tersebut. Ada beberapa opsi yang akan dibawa dalam evaluasi tersebut.

"Acara tetap dilanjutkan, Bandung Air Show tidak akan dilanjutkan, atau dilanjutkan dengan beberapa rangkaian acara dihilangkan," jelas Ayi.

Mengenai santunan kepada keluarga korban, Ayi mengatakan bila langkah tersebut diserahkan kepda Wali Kota Bandung sebagai pemangku kebijakan.

Sementara itu, Komandan Lanud Husein Satranegara, Kolonel Pnb Umar Sugeng Hariyono, mengungkapkan akan segera berkomunikasi lebih lanjut dengan Pemkot Bandung. Apakah masa mendatang BAS tetap dilaksanakan, kata Umar, keputusan ada di tangan Pemkot Bandung.

"Akan kita evaluasi dengan Pemkot Bandung, apakah ditiadakan atau seperti apa. Karena ini kan kegitan HUT Bandung, saya ditunjuk sebagai penyelenggara," ucap Umar saat ditemui wartawan di Lanud Husein Sastranegara, Sabtu (29/9/2012).

Video Pesawat Jatuh Bandung Air Show


Berikut ini salah satu video amatir yang merekam setelah pesawatSAS-200 Bravo jatuh saat bermanuver di ajang Bandung Air Show di Pangkalan Udara Husein Sastranegara Bandung, Jawa Barat, Sabtu (29/9)
Article Information