Berbagi Info Keluarga, Bisnis, Properti, Otomotif, Lifestyle, Tekno dan Hiburan

Wednesday, September 26, 2012

Cara Membuat Pidato Terbaru

5:05 AM Posted by Admin
Cara Membuat Pidato Terbaru

Hai Snipers pada kesempatan kali ini Sniper Techno akan berbagi Informasil mengenai seputar tips Cara membuat pidato, Yup jika ditelusuri mengenai definisi pidato, maka kita akan menemukan pengertiannya sebahgai berikut: 

Pidato merupakan bentuk komunikasi oral atau lisan yang mempunyai unsur-unsur berupa intonasi, gerak-gerik dan mimik. bacaan pidato dipersiapkan oleh seseorang  yang   akan berpidato.

Bagian-bagian Pidato
Pokok-pokok atau bagian-bagian  pidato terdiri dari pendahuluan, isi dan penutup.

Pendahuluan Pidato
Bagian pendahuluan berisi uraian untuk mempersiapkan pendengar agar fokus terhadap apa yang akan disampaikan pada isi pidato. Pendahuluan sebuah pidato terdiri dari ucapan salam , sapaan kepada pendengar, ucapan syukur, ucapan terima kasih, latar belakang masalah dan tujuan.

Contoh Pendahuluan Pidato :

Assalamu’alaikum Wr. wb.
Bapak Kepala Sekolah beserta Bapak dan Ibu Dewan guru SMA Negeri 13 maros yangsaya hormati. Bapak dan Ibu wali murid kelas XII IPA yang saya hormati  sera teman-teman siswa kelas XII IPA yang saat ini sedang berbahagia , yang saya sayangi.
Rasa syukur kepada Allah swt kita panjatkan, shalawat dan salam kepada junjungan kita, nabi Muhammad saw kita lantunkan. Karena pada hari yang berbahagia ini kita masih di berikan nikmat sehat wal afiat sehingganya dapat berkumpul dan bersilaturahmi antara Ibu Kepala Sekolah, Bapak dan Ibu Guru, Para orang tua kita,  dan kita selaku anak yang senantiasa mengharapkan bimbingannya. Tak lupa kepada pembawa acara saya ucapkan terima kasih karena telah memberikan kesempatan kepada saya untuk memberikan sambutan mewakili teman-teman siswa kelas XII IPA pada acara perpisahan ini.
Dst…………

Isi Pidato

Pada bagian isi pidato terdapat uraian pokok permasalahan yang akan disampaikan kepada para pendengar. Isi pidato yang  baik tidak bertele-tele, terarah dan mengena, sehingga para pendengar dapat menerima pesan yang disampaikan dengan baik. Gunakanlah bahasa pesan sesuai dengan keadaan pendengar, tentunya bahasa yang mudah dimengerti. Oleh karena itu sebelum menyusun naskah pidato kita harus mengetahui lebih dulu, siapa orang yang akan mendengarkan pidato yang akan kita sampaikan.
http://id.effectivemeasure.net/emnb_18_27281.gif

Contoh isi Pidato :

Untuk Bapak dan Ibu guru yang kami cintai, Masih terbayang dalam ingatan, ketika bapak dan Ibu guru mengajari kami dengan penuh sabar dan kasih sayang. Terima kasih, telah mengajarkan kami ilmu pengetahuan  membuka cakawala kami tentang Indonesia, dari sabang sampai merauke, dan tentang dunia. Semoga Allah SWT membalas dengan pahala yang berlimpah atas semua kebaikan yang bapak dan ibu berikan. Disini, saya mewakili teman-teman kelas XII IPA, mengucapkan mohon maaf yang sebesar besarnya jika saat belajar di kelas maupun di luar kelas, ada sikap yang tidak terpuji, kata kata yang tercela dan khilaf yang tidak disengaja telah melukai ibu dan Bapak guru.Untuk teman-teman kelas XII IPA, Cerita kita tidak akan selesai disini. Kita masih bisa Tersenyum dalam ilmu, dan Tertawa dalam canda. Walau di tempat masing-masing yang berbeda. perpisahan hari ini adalah langkah awal kita untuk mencapai citacita yang lebih tinggi. Mari benamkan dalam dada, tekadkan untuk terus mengharumkan nama SMA Negeri 13 Maros kita tercinta. Tiada kesuksesan tanpa perjuangan Tiada perjuangan tanpa pengorbanan Tiada pengorbanan tanpa keikhlasan. Semua kenangan yang berasal dari sebuah gedung SMA, di salah satu sudut desa Pucak ini tidak akan kami lupakan
Dst….

Penutup Pidato

Pada bagian penutup pidato berisi simpulan, ajakan, harapan, permintaan maaf dan salam penutup.

Contoh penutup pidato :

Hadirin yang berbahagia, Rupanya sambutan dari saya cukup sekian, mohon maaf apabila ada kesalahan. Akhir kata, saya memohon doa restu dari hadirin , agar kami, pelajar SMA negeri 13 Maros, bisa menjadi insan yang berguna bagi nusa, bangsa, dan agama. Amin Terima kasih, Pahlawan tanpa tanda jasa. Jasamu abadi, kami kenang sepanjang masa. Untuk adik-adik tersayang, saya mewakili teman-teman kelas XII IPA ingin menyampaikan pesan, Kami yakin, di kemudian hari akan tiba juga saat adik-adik mencapai kelulusan. Kuncinya hanya Ikhlas dalam belajar, berusaha keras, dan tidak lupa berdoa. InsyAllah kelak adik adik bisa seperti kami disini, lulus dengan nilai yang memuaskan, bahkan lebih baik lagi.

Demikianlah saya akhiri dengan mengucapkan Billahi taufik walhidayah, wassalamu’alaikum wr, wb.

Demikianlah artikel mengenai contoh pidato yang baik dan benar, semoga Informasi ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.
Article Information